√ 7 Cara Membuat Website yang SEO Friendly

Cara Membuat Website SEO Friendly – SEO Sumut | Pembahasan menarik mengenai Cara Membuat Website SEO Friendly cukup banyak menyita perhatian publik IM. Khususnya bagi kamu yang masih awam dalam dunia Blogging.

Bagi kamu yang baru mengenal blogging, banyak juga yang bertanya ke saya, Apa Itu SEO Friendly, Pertanyaan yang menarik tapi susah untuk di jawab, kalau saya jawab disini panjang ceritanya yang ada nanti kamu bingung karena beda materi pembahasan dan tidak sesuai judul.

Contents

Cara membuat website SEO Friendly, Cara mudah membuat website yang SEO Friendly, Cara membuat website SEO, Cara membuat website menjadi SEO Friendly, Cara membaut website agar SEO Friendly,
√ 7 Cara Mudah Membuat Website yang SEO Friendly
Tapi kalau kamu ingin tahu juga saya jawab secara singkat saja, Pengertian SEO Friendly yang harus kamu ketahui.

Apa Itu SEO Friendly
SEO Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet. (Wikipedia) Friendly dalam kamus besar bahasa indonesia adalah ‘Bersahabat’ keterkaitan kata friendly dalam istilah SEO artinya bersahabat dengan semua mesin pencarian mana saja.
Jadi intinya SEO Friendly adalah Website yang menjalin persahabatan dan ramah dengan semua mesin pencarian baik itu mesin pencarian Google, Bing, Yandex dan mesin pencari sejenisnya.

“ Contoh Website yang SEO Friendly seperti apa Mas”

Penjelasan singkatnya begini.

A.Contoh Website SEO Friendly
  • Website mudah terindex di mesin pencari. 
  • Artikel mudah di cari di mesin pencari. 
  • Halaman mudah dan cepat di Crawl mesin pencari. 
  • Meningkatkan page rank di mesin pencari. 
  • Meningkatkan traffic pengunjung. 
  • Mudah diterima Google AdSense 
  • Meningkatkan penghasilan Google AdSense.
B.Contoh Website (non) SEO Friendly
  • Website sulit terindex di mesin pencari. 
  • Artikel sulit di cari di mesin pencari. 
  • Halaman sulit dan lambat di Crawl mesin pencari. 
  • Sulit meningkatkan Page rank di mesin pencari. 
  • Sulit meningkatkan Traffic pengunjung. 
  • Sulit di terima Google AdSense. 
  • Apa yang mau dihasilkan.
Dari kedua contoh yang saya sebut diatas, menurut kamu mana yang lebih baik?

Pilihan A atau B?

Sepertinya pilihan A lenih baik.

Penting: Website yang bersahabat (SEO Friendly) akan lebih diutamakan oleh masin pencari karena struktur data website telah di Optimasi daripada Website (non) SEO Friendly yang tidak di Optimasi.
Fahamkan maksud saya.

Setelah kamu faham Apa Itu SEO Friendly dan Contohnya. Selanjutnya

‘Cara Membuat Website yang SEO Friendly gimana Mas’

Karena masih dalam tahap bertanya, sekarang gantian saya yang tanya ke kamu.
  • Kamu tahu coding gak? 
  • Kamu tahu code HTML? 
  • Kamu tahu code Javascript dan sejenisnya?
Jika kamu tahu cara tersebut, ini menjadi nilai + untuk kamu. Sehingga untuk membuat website menjadi SEO Friendly akan lebih mudah dan cepat di Optimalkan.

"Tapi Mas saya gak tahu coding dan sejenisnya"

Jika kamu gak tahu, coba kamu cek di Google Banyak Blogger yang share tips & cara belajar coding, html dan jenis-jenis code lainnya di internet. Dari ketiga point yang saya sebut di atas hanya merupakan faktor pendukung cara lain saja.

Ada faktor pendukung utama cara lainnya dalam membuat website SEO Friendly yang biasa di praktekkan 
para Pakar SEO seperti riset keyword, membuat konten SEO, desain website profesional, optimasi meta tag SEO pada template dan yang lannya yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Ribet banget ya mas. Emang ribet.

“Ada gak Cara lain yang lebih Mudah Membuat Website yang SEO Friendly”

Tentu “ADA”

Mau tahu “√ 7 Cara Membuat Website Yang SEO Friendly” Berikut caranya:

#1 Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tool

Salah satu Cara paling utama dalam Membuat Website SEO Friendly adalah Mendaftarkan Website ke Google Webmaster Tool.Google adalah rajanya search engine, sumber traffic terbesar itu datang dari Google.

Untuk mendapatkan traffic dari Google, kita harus mendaftarkan website kita ke Google Websmaster tool setelah tahap membuat website selesai, hal ini bertujuan agar semua konten yang kamu publish cepat terindex di mesin pencari.

#2 Submit Sitemap (Peta Situs) Blog Ke Bing dan Google

Setelah selesai mendaftarkan website ke Google Webmaster Tool, selanjutnya kita masuk pada tahap Submit Sitemap (Peta Situs) Blog Ke Bing dan Google.

Submit Sitemap (Peta Situs) bertujuan untuk memberikan informasi URL berupa file yang di format dalam bentuk xml ke mesin pencari. Baca: Cara Submit Sitemap (Peta Situs) Blog Ke Bing dan Google

#3 Meningkatkan Kecepatan Loading Website

Ada juga Cara lain dalam membuat website SEO Friendly dengan meningkatkan kecepatan loading website.Fast loading tentu cepat dalam memuat sebuah halaman. Website dengan kecepatan loading mumpuni sangat disukai oleh pengguna terutama bagi mesin pencari.

Selain bisa meningkatkan traffic website kamu, meningkatkan kecepatan laoding website juga baik untuk SEO kedepannya. Jadi pastikan website kamu fast laoding.
Catatan: Pemilihan template yang baik berfokus kepada kecepatan bukan tampilan
#4 Ciptakan Konten yang Berkualitas Tinggi

Cara mudah membuat website SEO Friendly lainnya adalah menciptakan konten yang berkualitas tinggi. Konten yang berkualitas tentu harus di dasari keunikan isi, kepadatan keyword, dan relevansi terhadap mesin pencari.

Untuk itu kamu harus perhatikan isi konten kamu dengan seunik mungkin dengan kepadatan keyword yang pass agar konten relevansi terhadap mesin pencari.

#5 Cek Keyword Density Konten

Cek kepadatan kata kunci secara menyeluruh dalam konten kamu sangat dianjurkan, hal ini salah satu faktor relevan atau tidaknya sebuah konten bagi mesin pencari.

Terkadang tanpa kita sadari ketika membuat sebuah konten, keyword tiba-tiba muncul, Nah, untuk itulah kita harus optimasi keyword density tersebut agar konten kamu tidak dikira spam atau pengulangan kata kunci secara berturut-turut.

Maka dari itu dengan mengecek kepadatan kata kunci juga merupakan cara mudah membuat website yang SEO Friendly.

#6 Gunakan Alt Text Pada Gambar

Cara mudah lainnya dalam membuat website SEO friendly adalah menggunakan Alt Text gambar. Alt text pada gambar sangat berguna sekali bagi mesin pencari, karena pada umunya mesin pencari tidak mampu membaca gambar apa yang ada di website kamu.

Untuk memudahkan mesin pencari membaca gambar di website kamu, disinilah pentingnya penggunaan alt text pada gambar tersebut agar mesin pencari mengenal isi dari gambar yang kamu publish.

#7 URL Mengandung Keyword

Penjelasan URL mengandung keyword seperti ini:
Tittle: √ 7 Cara Membuat Website yang SEO Friendly
Tautan permanent otomatis seperti ini :√-7-cara-membuat-website-yang-seo-html.
Tautan permanent otomatis seperti ini tidak akan memberikan efek terhadap SEO.
Bagusnya seperti ini.
Tautan permanet khusus yang bagus untuk SEO: /cara-membuat-website-seo-friendly-html
Pastikan URL mengandung Keyword agar website lebih SEO Friendly.

Demikian penjelasan singkat tentang Cara Membuat Website yang SEO Friendly, Jika ada yang mau ditanyakan tingglkan komentar, Semoga Bermanfaat.

2 Comments: